KEUTAMAAN PUASA ASYURA DAN SEJARAHNYA

Oleh :
Ustadz Syahrul Fatwa bin Luqman
Apa saja keutamaan puasa Asyura dan bagaimanakah sejarahnya?
๐Ÿ›‘SEJARAH PUASA ASYURA
Asyura adalah hari kesepuluh pada bulan Muharrom.”[1] Dia adalah hari yang mulia. Menyimpan sejarah yang mendalam, tak bisa dilupakan.
Ibnu Abbas berkata: Nabi tiba di Madinah dan dia mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa Aโ€™syura. Nabi bertanya: Puasa apa ini? Mereka menjawab: Hari ini adalah hari yang baik, hari dimana Allah telah menyelamatkan Bani Israil dari kejaran musuhnya, maka Musa berpuasa sebagai rasa syukurnya kepada Allah. Dan kami-pun ikut berpuasa. Nabi berkata: Kami lebih berhak terhadap Musa daripada kalian. Akhirnya Nabi berpuasa dan memerintahkan manusia untuk berpuasa.”[2]
Nabi dalam berpuasa Asyura mengalami empat fase.”[3]
*โ— Fase pertama: Beliau berpuasa di Mekkah dan tidak memerintahkan manusia untuk berpuasa.*
Aisyah menuturkan: Dahulu orang Quraisy berpuasa Aโ€™syura pada masa jahiliyyah. Dan Nabi-pun berpuasa Asyura pada masa jahiliyyah. Tatkala beliau hijrah ke Madinah, beliau tetap puasa Asyura dan memerintahkan manusia juga untuk berpuasa. Ketika puasa Ramadhon telah diwajibkan, beliau berkata: Bagi yang hendak puasa silakan, bagi yang tidak puasa, juga tidak mengapa.” [4]
*โ— Fase kedua: Tatkala beliau datang di Madinah dan mengetahui bahwa orang Yahudi puasa Asyura, beliau juga berpuasa dan memerintahkan manusia agar puasa.* Sebagaimana keterangan Ibnu Abbas di muka. Bahkan Rasulullah menguatkan perintahnya dan sangat menganjurkan sekali, sampai-sampai para sahabat melatih anak-anak mereka untuk puasa Asyura.
*โ— Fase ketiga: Setelah diturunkannya kewajiban puasa Ramadhon,* beliau tidak lagi memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa Aโ€™syura, dan juga tidak melarang, dan membiarkan perkaranya menjadi sunnah.”[5] sebagaimana hadits Aisyah yang telah lalu.
*โ— Fase keempat: Pada akhir hayatnya,* Nabi bertekad untuk tidak hanya puasa pada hari Aโ€™syura saja, namun juga menyertakan hari tanggal 9 Aโ€™syura agar berbeda dengan puasanya orang Yahudi.
Ibnu Abbas berkata: Ketika Nabi puasa Aโ€™syura dan beliau juga memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa. Para sahabat berkata: Wahai Rasulullah, hari Asyura adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashoro!! Maka Rasulullah berkata: Kalau begitu, tahun depan Insya Allah kita puasa bersama tanggal sembelilannya juga. Ibnu Abbas berkata: Belum sampai tahun depan, beliau sudah wafat terlebih dahulu.”[6]
*๐Ÿ›‘KEUTAMAAN PUASA ASYURA*
Hari Asyura adalah hari yang mulia, kedudukannya sangat agung. Ada keutamaan yang sangat besar.
*Imam al-Izz bin Abdus Salam berkata*: Keutamaan waktu dan tempat ada dua bentuk; Bentuk pertama adalah bersifat duniawi dan bentuk kedua adalah bersifat agama. Keutamaan yang bersifat agama adalah kembali pada kemurahan Allah untuk para hambanya dengan cara melebihkan pahala bagi yang beramal. Seperti keutamaan puasa Ramadhon atas seluruh puasa pada bulan yang lain, demikian pula seperti hari โ€˜Asyura. Keutamaan ini kembali pada kemurahan dan kebaikan Allah bagi para hambanya di dalam waktu dan tempat tersebut.”[7] Diantara keutamaan puasa Asyura adalah:
*1๏ธโƒฃ. Menghapus dosa satu tahun yang lalu*
Rasulullah bersabda:
ุตููŠูŽุงู…ู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽุงุดููˆุฑูŽุงุกูŽ ุฃูŽุญู’ุชูŽุณูุจู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠููƒูŽูู‘ูุฑูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู†ูŽุฉูŽ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ู
Puasa Asyura aku memohon kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu.”[8]
*Imam an-Nawawi berkata*: Keutamaannya menghapus semua dosa-dosa kecil. Atau boleh dikatakan menghapus seluruh dosa kecuali dosa besar.”[9]
*2๏ธโƒฃ. Nabi sangat bersemangat untuk berpuasa pada hari itu*
Ibnu Abbas berkata:
ู…ูŽุง ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽุชูŽุญูŽุฑู‘ูŽู‰ ุตููŠูŽุงู…ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู ููŽุถู‘ูŽู„ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ: ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุนูŽุงุดููˆุฑูŽุงุกูŽ ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุดู‘ูŽู‡ู’ุฑูŽ ูŠูŽุนู’ู†ููŠ ุดูŽู‡ู’ุฑูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ
Aku tidak pernah melihat Nabi benar-benar perhatian dan menyengaja untuk puasa yang ada keutamaannya daripada puasa pada hari ini, hari Asyura dan puasa bulan Ramadhon.”[10]
*3๏ธโƒฃ. Hari dimana Allah menyelamatkan Bani Isroil*
Ibnu Abbas berkata: Nabi tiba di Madinah dan dia mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa Aโ€™syuro. Nabi bertanya: Puasa apa ini?Mereka menjawab: Hari ini adalah hari yang baik, hari dimana Allah telah menyelamatkan Bani Israil dari kejaran musuhnya, maka Musa berpuasa sebagai rasa syukurnya kepada Allah. Dan kami-pun ikut berpuasa. Nabi berkata: Kami lebih berhak terhadap Musa daripada kalian. Akhirnya Nabi berpuasa dan memerintahkan manusia untuk berpuasa juga.”[11]
*4๏ธโƒฃ. Puasa โ€˜Asyura dahulu diwajibkan*
Dahulu puasa Asyura diwajibkan sebelum turunnya kewajiban puasa Ramadhan. Hal ini menujukkan keutamaan puasa Asyura pada awal perkaranya.
*Ibnu Umar berkata*: Nabi dahulu puasa Asyura dan memerintahkan manusia agar berpuasa pula. Ketika turun kewajiban puasa Ramadhan, puasa Asyura ditinggalkan.” [12]
*5๏ธโƒฃ. Jatuh pada bulan haram*
Nabi bersabda:
ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ู…ูุญูŽุฑู‘ูŽู…ู
Puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharrom.”[13]
Semoga kita diberi kemudahan untuk melaksanakan puasa Asyura. Hanya Allah yang memberi taufik dan hidayah.
_________________
[1] Syarah Shahih Muslim 8/12, Fathul Bari, Ibnu Hajar 4/671, Mukhtashor Shahih Muslim, al-Mundziri hal.163-Tahqiq al-Albani, al-Mughni 4/441, Subulus Salam, as-Shonโ€™ani 2/671
[2] HR.Bukhari: 2004, Muslim: 1130
[3] Lathoiful Maโ€™arif hal.102-107
[4] HR.Bukhari: 2002, Muslim: 1125
[5] Bahkan para ulama telah sepakat bahwa puasa โ€˜Asyura sekarang hukumnya sunnah tidak wajib. Ijmaโ€™at Ibnu Abdil Barr 2/798, Abdullah Mubarak Al Saif, Shahih Targhib wa Tarhib, al-Albani 1/438, Tuhfatul Ahwadzi, Mubarak Fury 3/524, Aunul Maโ€™bud, Syaroful Haq Azhim Abadi 7/121
[6] HR.Muslim: 1134
[7] Qowaid al-Ahkam, al-โ€˜Izz bin Abdis Salam 1/38, Fadhlu โ€˜Asyura wa Syahrulloh al-Muharrom, Muhammad as-Sholih hal.3
[8] HR.Muslim: 1162
[9] Majmuโ€™ Syarah al-Muhadzzab, an-Nawawi 6/279
[10] HR.Bukhari: 2006, Muslim: 1132
[11] HR.Bukhari: 2004, Muslim: 1130
[12] HR.Bukhari: 1892, Muslim: 1126
[13] HR.Muslim: 1163

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *